Category : Religious > Haji
Author ; Syamsul Arham
Date : 13 Agustus 2018, 12:32:44
Hits : 104

Ibadah Haji

Haji merupakan pengalaman yang bersifat religius bagi setiap orang yang melakukan ibadah haji karena dengan haji dapat mengubah seseorang melalui pembersihan spiritual yang mendalam.

Haji adalah wajah Islam yang sebenarnya, di mana orang-orang berkumpul dan saling membantu, berdiri bergandengan tangan dan saling membantu dalam kasih sayang persaudaraan tanpa melihat perbedaan dan ras.

Di sebuah tempat kecil yang bernama Mekah, hampir tiga juta orang berkumpul di Padang Arafah untuk memohon ampun yang mungkin hanya dilakukan sekali dalam seumur hidup.

Mereka datang dari seluruh penjuru dunia dengan meninggalkan semua attribut yang melekat pada diri mereka. Mereka datang dengan kesamaan tujuan; untuk memenuhi panggilan Allah subhana wata'ala.

Mereka datang dengan pakaian yang sama; pria mengenakan dua kain putih yang menutupi tubuh mereka, sementara wanita mengenakan jubah panjang dan jilbab. (Wajah harus terbuka saat melakukan haji.)

Mereka datang dengan bahasa yang berbeda tapi mereka berkomunikasi melalui kebaikan karena Allah subhana wa'ta'ala.

Mereka datang untuk menyampaikan kedamaian bahkan bila seseorang membutuhkan, maka mereka akan datang dengan tergesa-gesa untuk membantu.

Lautan luas hamparan manusia yang melakukan ritual haji dapat disaksikan berjalan serempak, dimana tempat yang bebas dari diskriminasi tapi dipenuhi dengan penghargaan.

Haji merupakan wajah Islam yang sebenarnya dalam kesatuan, tanpa memandang kebangsaan, status, kekayaan, mereka datang dengan persamaan dan sama di hadapan Allah.

Haji merupakan wajah Islam yang sebenarnya, dimana orang-orang berkumpul dan saling membantu, berdiri bergandengan tangan dan saling membantu dalam kasih sayang persaudaraan.

Haji merupakan wajah Islam yang sebenarnya, untuk mencapai tujuan hidup yang lebih tinggi dalam aspek kemanusiaannya.

Haji merupakan wajah Islam yang sebenarnya, dimana kelembutan tercermin dalam keseharian mereka.

Islam datang untuk menghapuskan rasisme, kesukuan, perbedaan derajat. Islam datang untuk persamaan derajat, persamaan dihadapan Allah.

(sa, jebebe.com)


Post related
  • Al-Hadist Today 3 : Tiga Perkara, Seriusnya Adalah Serius Dan Candanya Adalah Serius
  • Tafsir Al-'Usyr Al-Akhir 22 : Al-Mursalaat (Malaikat-malaikat Yang Diutus)
  • Tafsir Al-'Usyr Al-Akhir 21 : Al-Insaan (Manusia)
  • Tafsir Al-'Usyr Al-Akhir 20 : Al-Qiyaamah (Hari Kiamat)
  • Social Media