Author ; Syamsul Arham
Date : 25 Oktober 2017, 18:07:23
Hits : 729

Al-Qur'an Today

@AlQuranToday

 

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تَسْأَلُوا عَنْ أَشْيَاءَ إِنْ تُبْدَ لَكُمْ تَسُؤْكُمْ وَإِنْ تَسْأَلُوا عَنْهَا حِينَ يُنَزَّلُ الْقُرْآنُ تُبْدَ لَكُمْ عَفَا اللَّهُ عَنْهَا ۗ وَاللَّهُ غَفُورٌ حَلِيمٌ

 101. Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menanyakan (kepada Nabimu) hal-hal yang jika diterangkan kepadamu akan menyusahkan kamu dan jika kamu menanyakan di waktu Al Quran itu diturunkan, niscaya akan diterangkan kepadamu, Allah memaafkan (kamu) tentang hal-hal itu. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyantun.

 

المائدة
AL-MAAIDAH
Surat : 5
Ayat : 101
Juz : 7

Uraian.

Dalam beberapa kurun waktu belakangan ini kita sering mendengar pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh beberapa kalangan yang sebenarnya tidak perlu dan bahkan tidak perlu ada penjelesannya.

Tentu kita pernah mendengar pertanyaan :

  • Apakah orang-tua Nabi masuk surga?
  • Bisakah Tuhan menciptakan batu yang sangat berat sehingga Tuhan tidak dapat mengangkatnya?

Pertanyaan yang ada sebenarnya tidaklah membawa manfaat dan bahkan dijelaskan-pun sebenarnya tidak akan memberikan jawaban, karena bisa jadi memang itu bukan kapasitas kita untuk menjawab, bisa jadi itu bukan menjadi kewenangan kita untuk menjelaskan atau bisa juga itu bukan sesuatu yang perlu dijelaskan.

Allah subhana wa ta'ala sudah memperingatkan kita sebagaimana dengan kutipan ayat di atas untuk tidak menanyakan hal-hal yang  akan menyusahkan dan bahkan membawa mudharat.

Sesuatu yang menjadi kewenangan Allah subhana wa ta'ala adalah sesuatu mutlak yang harus kita imani dan tanpa keraguan akan Kekuasaan dan Keadilan Allah subhana wa ta'ala.

Allah subhana wa ta'ala adalah Yang Maha Kuasa dan Maha Adil, Dia-lah Yang Maha Mengetahui akan segala sesuatu. Tidak ada satupun hal yang bisa kita ragukan akan Kekuasaan-Nya.

Maka dari itu, tidaklah sepatutnya kita bertanya sesuatu yang bukan wilayah kita, pertanyaan yang tidak membawa manfaat buat kita. Selain tidak bermanfaat juga tidak akan menambah iman kita.

Alangkah lebih baiknya jika kita bertanya kepada ahlinya; bagaimana caranya agar iman bertambah kuat, ibadahnya makin lancar. Ini jauh lebih bermanfaat karena bisa membawa kita lebih dekat kepada Allah subhana wa ta'ala.

Wallahu A'lam Bishawab

Jakarta, 25 Oktober 2017 17.42

Website  : alqurantoday.com
Whatsapp : chat.whatsapp.com/BbDlupc85wqDWaYt219u1B

 

 

 

 

Post related
  • Kontent Al-Qur'an Today Ver.2
  • Projek Al-Qur'an Today
  • Social Media