Category : Religious > Dunia Islam
Author ; Syamsul Arham
Date : 19 November 2009, 04:47:33
Hits : 2016

Jemaah haji tahun ini mengalami penurunan tajam termasuk yang dari warga Arab Saudi, kata Saad Al-Qurashi, ketua Komisi Haji dan Umrah di Kamar Dagang dan Industri Mekkah.

JEDDAH: Jemaah haji tahun ini mengalami penurunan tajam termasuk yang dari warga Arab Saudi, kata Saad Al-Qurashi, ketua Komisi Haji dan Umrah di Kamar Dagang dan Industri Mekkah. 

"Akan ada 70 persen lebih sedikit peziarah domestik tahun ini dibandingkan tahun lalu," kata Al-Qurashi. "Mulai hari ini, sekitar 68.000 izin haji telah dikeluarkan untuk peziarah domestik. Termasuk ekspatriat dan orang-orang yang datang dari negara-negara tetangga GCC, "katanya. 

Al-Qurashi menambahkan bahwa visa haji sebanyak 1,7 juta telah dikeluarkan untuk peziarah asing. 

Seluruh sektor Haji dan Umrah saat ini sedang menghitung kerugian akibat penurunan ini dan memperkirakan bahwa kerugian yang berjalan mencapai ratusan juta riyals Saudi. 

Banyak penyelenggara haji yang menurunkan harga untuk memikat para peziarah. 

Penurunan yang tajam diperkirakan karena masyarakat memilih untuk bepergian ke luar negeri selama liburan haji dan takut potensi wabah H1N1, padahal Departemen Kesehatan Saudi meyakinkan anggota masyarakat bahwa vaksin flu babi yang tersedia dan aman. 

Kerajaan juga menyaksikan penurunan peziarah pada bulan Ramadan yang lalu. Untuk menarik lebih banyak peziarah itu, Departemen Paspor - badan yang bertanggung jawab untuk mengeluarkan ijin haji - telah memperpanjang waktu pendaftaran untuk menunaikan haji, kata Direktur Jenderal Departemen Paspor Mayjen Salim bin Muhammad Al-Bulaihed.
Social Media