Category : Religious > Dunia Islam
Author ; Syamsul Arham
Date : 25 Oktober 2009, 07:50:20
Hits : 1635

Sebuah langkah baru untuk memperbaiki hubungan Amerika dengan dunia Muslim, pemerintah Presiden Barack Obama telah meluncurkan jutaan dolar dana untuk pengembangan teknologi di negara-negara Muslim.

Kairo - Sebuah langkah baru untuk memperbaiki hubungan Amerika dengan dunia Muslim, pemerintah Presiden Barack Obama telah meluncurkan jutaan dolar dana untuk pengembangan teknologi di negara-negara Muslim. 

"Dana ini akan membantu mengkatalisasi dan memfasilitasi investasi sektor swasta yang mendorong pertumbuhan akses dan teknologi," Gedung Putih mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Jumat, 23 Oktober 23 yang lalu. 

The Global Technology and Innovation Fund akan menyediakan pembiayaan antara USD 25 dan USD 150 juta untuk proyek-proyek dipilih. 

Dana, yang diluncurkan oleh US Overseas Private Investment Corporation (OPIC), akan fokus pada bidang terkait dengan teknologi, pendidikan, telekomunikasi, media, layanan bisnis dan keuangan, dan teknologi-teknologi bersih. 

"Sektor yang menarik untuk mendapatkan dana adalah menangani masalah-masalah yang dapat memiliki dampak transformasi di wilayah." 

Usulan proyek untuk dana harus diajukan pada akhir November.

Seleksi akhir akan diumumkan Juni mendatang. 

Gedung Putih mengatakan bahwa upaya yang merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan hubungan dengan dunia Muslim. 

"The Global Technology and Innovation Fund adalah bagian dari upaya pemerintah AS untuk memperluas kemitraan yang lebih baik untuk peluang ekonomi dan penciptaan lapangan kerja - termasuk di negara-negara berpenduduk mayoritas Muslim." 

Janji Obama

Pemberian dana teknologi oleh Obama untuk membantu mencapai perkembangan teknologi di negara-negara Muslim. 

"(Peluncuran) sebagai langkah terbaru dalam memberikan komitmen ini," kata Gedung Putih. 

Dalam sebuah pidato di Kairo pada bulan Juni, Obama mengatakan "pendidikan dan inovasi akan menjadi mata uang dari abad ke-21" dan bahwa investasi di bawah ini tersebar luas di banyak negara Muslim. 

Dia juga berjanji akan menjadi tuan rumah pertemuan puncak tentang kewira usahaan tahun ini untuk memperdalam hubungan antara para pebisnis di Amerika Serikat dan komunitas Muslim di seluruh dunia. 

Dalam pidatonya, Obama, yang baru-baru ini memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian, bersumpah untuk membentuk sebuah "awal baru" dengan dunia Muslim untuk menghapus satu dekade perselisihan antara kedua belah pihak. 

Hubungan Amerika dengan dunia Muslim telah tegang selama delapan tahun dimasa pendahulu Obama; George W. Bush. 

Banyak umat Islam khususnya marah kepada Bush yang disebut perang melawan teror, yang menginvasi dua negara muslim, Afghanistan dan Irak. 

Serangkaian skandal pelecehan tahanan Muslim di Afghanistan, Irak dan yang terkenal juga pusat tahanan Guantanamo mengipasi anti-Amerika di seluruh dunia, khususnya di negara-negara Muslim.

Social Media